12 Agustus 2009

Inspirasi THE BEATLES!!!

Inspirasi THE BEATLES ternyata dari Grup Rock Indonesia

Siapa sangka ternyata The Beatles cara bermusik dan aksi panggungnya terinspirasi dengan band Indonesia yakni THE TIELMAN BROTHER'S.
THE TIELMAN BROTHER'S menjadi sejarah rock n roll Indonesia yang dilupakan bangsanya. Mereka adalah orang keturunan Maluku yang besar di Surabaya dan pindah ke Belanda untuk mengadu nasib. Mereka adalah kakak beradik dari pasangan Herman Tielman dan Flora Lorine Hess.

Pasangan kakak beradik ini antara lain, Andy Tielman(lead guitar, vocals), Reggy Tielman(2nd lead guitar, vocals), Ponthon Tielman(double bass, vocals), Loulou Tielman(drums,vocals). Kebiasaan bermusik di keluarga yang kentallah yang membuat Tielman bersaudara ini sangat mahir dalam bermusik, dan mencipta sound-sound yang aneh pada zamannya.

The Tielman Brothers, Andy Tielman sang frontmant sering beraksi bermain gitar dengan gigi, di belakang kepala, atau di belakang badan , jauh mendahului Jimi Hendrix pada tahun 1956. Aksi ini 11 tahun sebelum permainan gila gitaris Jimi Hendrix yang terkenal tahun 1967.

Pelopor musik rock n roll adalah band INDONESIA!!! band inilah yang menginspirasikan THE BEATLES!!! Band ini datang sebelum masa-masa rock n roll. Dan band inilah ORANG INDONESIA!!! keturunan Maluku yang besar Surabaya.

Paul McCartney ternata mengagumi band ini dan terinspirasi The Tielman Brothers sebelum The Beatles terkenal pada awal 1960-an. The Tielman Brothers telah membawakan lagu-lagu rock n roll jauh sebelum The Beatles muncul. Saat The Beatles manggung pertama kali di jerman , grup asal Inggris ini sempat melihat penampilan The Tielman Brothers yang manggung menggunakan Hofner Violin Bass. Dan saat itulah untuk pertama kalinya Paul McCartney melihat Bass Violin Hofner. Andy Tielman sang gitaris memakai Fender Jazz Master khusus 10 strings. Fender sengaja mengirim representativenya ke jerman saat itu untuk merancang gitar buat Andy Tielmans.

Dengan membawa budaya tropis dan kecintaan kepada gitar, mereka melahirkan Indorock yang bercirikan dominasi gitar yang dipadukan dengan musik Hawaii, Country dan Rock n Roll. Panggung tempat mereka bermain selalu dipenuhi aksi-aksi spektakuler di jamannya, style main gitar dengan meliuk ala Heavi Metal 80-an, aksi panggung liar ala punk, main drum sambil berdiri ala Lars Ulrich Metallica, dan mbetot bass di bawah ala Korn.

Pada awal tahun 1960 The Tielman Brothers merilis 4 lagu ciptaan mereka sendiri, lagu itu antara lain My Maria, You're Still the One, Black Eyes, dan Rock Little Baby. Lagu ciptaan mereka ternyata banyak disukai oleh orang-orang Belanda. Orang-orang Belanda sering menyebut aliran musik The Tielman Brothers sebagai aliran Indorock. Dedikasi dan inovasi Andy Tielman yang sangat berpengaruh bagi perkembangan budaya pop belanda membawa gelar The Goodfather of Dutch Rock n Roll, The Uncrowned King of Indorock, dan penghargaan Order of the Orange-Nassau ke pangkuannya. Untuk melihat aksi gile mereka coba di youtube.com search key "the tielman brothers", tanpa tanda kutip.

adapted from HOT CHORD

Tidak ada komentar: